Cara Membuat Tanda Panah DiMenu Navigasi Blog1 Blog For AllHokyJess
Mohon Maaf Blog dalam proses perbaikan,segera klik ke sini untuk blog selanjutnya Permata Indonesia
Baca>>>'

Senin, 24 Juni 2013

Cara Membuat Tanda Panah DiMenu Navigasi Blog


By on 02.52

Tanda Simbol Anak Panah Pada Menu Pull Down
Pada awalnya saya sempat menyangka bahwa tanda anak panah yang terdapat di sebelah kiri atau kanan sebuah menu utama situs web atau blog yang memiliki sub menu di dalamnya (seperti yang tampak pada gambar di atas), adalah sebuah simbol atau lambang dari karakter (ASCII) tertentu. Namun ternyata prasangka tersebut adalah suatu hal yang keliru, karena sebenarnya tanda anak panah seperti yang tampak pada gambar di atas bukanlah terbentuk dari simbol atau lambang tertentu, melainkan tanda garis yang terbentuk dari penggunaan kode CSS.
Gambar tanda anak panah seperti yang tampak pada bilah menu di atas, pada umumnya dipakai untuk menandai bahwa menu yang dimaksud merupakan sebuah menu pull down yang memiliki sub atau tingkatan level yang berikutnya. Sehingga dengan adanya tanda tersebut maka akan memudahkan pengunjung dan atau pembaca dalam melakukan navigasi, karena terbantu dengan adanya tanda visual dalam bentuk lambang anak panah tersebut. Dan hal ini tentu saja akan berbeda apabila tidak ada tanda sama sekali pada menu pull down yang dimaksud. Dengan tidak adanya tanda (misal: dalam bentuk anak panah), maka pengunjung dan atau pembaca baru akan mengetahui kalau menu yang dimaksud merupakan sebuah pull down menu ketika yang bersangkutan meletakkan mouse pointer pada menu yang dimaksud, karena ketika mouse pointer diletakkan pada menu tersebut maka secara otomatis sub atau tingkatan menu yang berikutnya akan ditampilkan.
Oke, sekarang kita langsung pada pokok pembahasan, yaitu mengenai cara menyisipkan tanda anak panah di sebelah menu pull down seperti yang tampak pada gambar di atas. Dimana untuk melakukannya, maka Anda dapat mengerjakan langkah-langkah berikut ini secara berurutan.

Pertama, buka editor template dengan cara mengeklik menu ‘Template>Edit HTML>Lanjutkan>Expand Template Widget’.
Kedua, cari kode ]]></b:skin> dan kemudian sisipkan rangkaian kode CSS berikut ini tepat di atasnya.
.lambang-panah {
  position: relative;
  top: -1px;
  font-size: 0px;
  height: 0px;
  line-height: 0;
  width: 0px;
  border-width: 4px 4px 0px;
  padding-top: 1px;
  left: 4px;
  border-style: solid dashed dashed;
  border-right: 4px dashed transparent;
  border-color: #ffffff transparent transparent;
}
Ketiga, cari kode HTML dari menu yang akan ditambah dengan tanda anak panah di sebelahnya dan kemudian tambahkan <span class="lambang-panah"> dalam kode yang dimaksud. Sebagai contoh misalnya perhatikan kode HTML untuk menu ‘Artikel Terkini’ di bawah ini.
<a href="#">Artikel Terkini</a>
Kode HTML di atas hanya akan menghasilkan menu dalam bentuk tautan teks bertuliskan ‘Artikel Terkini’. Nah, agar muncul tanda anak panah, maka tambahkan <span class="lambang-panah"> di dalamnya sehingga menjadi seperti kode HTML di bawah ini.
<a href="#">Artikel Terkini<span class="lambang-panah"></span></a>
Sehingga akhirnya kode tersebut akan menghasilkan tautan teks dengan tanda anak panah berwarna putih di sebelah kanan menu, seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.
Contoh Menu Pull Down Pada Bilah Navbar
Keempat, simpan template.

Lantas bagaimana jika ingin menambahkan tanda anak panah seperti yang tampak pada gambar di atas dalam bilah menu yang berbeda dengan warna dan atau ukuran yang berbeda pula? Apakah diperlukan rangkaian kode CSS baru? Jawabannya adalah tidak, karena hal tersebut dapat dilakukan dengan hanya menggunakan sebuah kode CSS saja. Sedangkan untuk mengubah warna atau ukurannya, maka dapat dilakukan dengan cara menambahkan inline style pada kode HTML dari menu yang dimaksud. Sebagai contoh ketika saya ingin mengubah warna dan ukuran tanda anak panah yang dihasilkan agar menjadi seperti yang tampak pada gambar pertama, maka rangkaian kodenya menjadi seperti berikut ini.
<a href="#">Tentang<span class="lambang-panah" style="border-color: #000000 transparent transparent; border-width: 5px 5px 0px;"></span></a>
Nah, berdasarkan kode di atas dapat dilihat bahwa selain ditambahkan <span class="lambang-panah">, di dalamnya juga ditambahkan style="border-color: #000000 transparent transparent; border-width: 5px 5px 0px; yang fungsinya adalah untuk mengubah warna garis menjadi hitam dengan ukuran yang lebih besar yaitu 5 piksel. Berbeda dengan kode CSS sebelumnya yang menggunakan garis warna putih dengan ukuran 4 piksel.
Semoga berguna dan bermanfaat.
Salam.

Tentang Hokky Alexander

Nama saya Hokky Alexander lahir pada tanggal 3 April 2001 . Saya dilahirkan di Jakarta.Hobby SAya adalah Ngeblog. Sekarang saya adalah seorang pelajar Smp . Saya tinggal di Kecamatan cibarusah Kabupaten Bekasi perumahan Villa Permata Blok dd3/15. Untuk lebih mengenal saya, temukan saya di Facebook https://www.facebook.com/hokkyalexander99?ref=tn_tnmn.

0 komentar:

Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-q =))

Mohon Maaf Blog dalam proses perbaikan,segera klik ke sini untuk blog selanjutnya Permata Indonesia