Cara Mengirim Pesan Melalui LAN1 Blog For AllHokyJess
Mohon Maaf Blog dalam proses perbaikan,segera klik ke sini untuk blog selanjutnya Permata Indonesia
Baca>>>'

Senin, 24 Juni 2013

Cara Mengirim Pesan Melalui LAN


By on 02.36

Bismillah, Alhamdulillah dalam kesempatan ini saya akan berbagi tentang bagai mana cara mengirim pesan melalui lan atau jaringan lokal. Beberapa hari yang lalu, hal ini sempat dipertanyakan oleh salah seorang teman saya bahwa bagaimana kita mengirim pesan kepada teman dalam suatu jaringan lokal tanpa terhubung ke internet? Windows XP sendiri memiliki fiture yang memugkinkan kita untuk mengirim pesan ke komputer lain melalui jaringan lokal, dan fiture tersebut adalah Messenger.
Baik sobat, untuk lebih jelasnya, saya akan jabarkan beberapa langkah konfigurasi atau mensetting windows xp agar dapat saling mengirim pesan, dan berikut langkah-langkahnya :
  1. Buka Control Panel kemudian pilih Administrative Tools selanjutnya klik Services
  2. Selanjutnya klik Messenger sehingga muncul kotak dialog Messenger Properties seperti gambar dibawah ini. Pada Startup Type pilih Automatic kemudian klik Apply, kemudian klik Start untuk menjalankannya, tunggu beberapa saat dan klik OK.
  3. Lakukan langkah poin 1 dan 2 untuk komputer lain yang terhubung pada jaringan lokal
  4. Untuk mengirim pesan ke komputer lain yaitu buka menu Run atau tekan Win+R kemudian ketikkan “Net Send [nama komputer atau IP address] pesan” format penulisan pada menu run seperti tulisan yang bercetak tebal tanpa tanda petik, misalnya contonya seperti gambar dibawah ini :
  5. Selanjutnya klik OK untuk mengirim pesan
Untuk cara lain mengirim pesan berikut langkah-langkahnya :
  1. Buka Notepad kemudian copy paste baris kode visual basic berikut ini. untuk file jadinya dapat di download sini
    Set objShell = CreateObject("WScript.Shell")
    netlocation = inputbox("Tulis alamat IP atau nama komputer yang akan anda kirimkan pesan di bawah ini contoh alamat IP  '192.168.10.1' atau nama komputer misalnya 'comp3'", "Kirim pesan by.http://andisyam.web.id")
    if netlocation <> "" then
    message = inputbox("Tulis pesan anda disini", "Kirim Pesan by.http://andisyam.web.id")
    if message <> "" then
    objShell.Run "net send " & netlocation & " " & message ,0
    end If
    end if
  2. Selanjutnya save dengan nama kirim_pesan.vbs atau dengan nama lain dengan ekstensi *.vbs, dan hasilnya seperti gambar berikut ini.
Mudah bukan, sampai disini cara mengirim pesan melalui lan atau jaringan lokal. Semoga artikel kali ini bermanfaat Wassalam.

Jika Ada Pertanyaan Komentar ya:)

Tentang Hokky Alexander

Nama saya Hokky Alexander lahir pada tanggal 3 April 2001 . Saya dilahirkan di Jakarta.Hobby SAya adalah Ngeblog. Sekarang saya adalah seorang pelajar Smp . Saya tinggal di Kecamatan cibarusah Kabupaten Bekasi perumahan Villa Permata Blok dd3/15. Untuk lebih mengenal saya, temukan saya di Facebook https://www.facebook.com/hokkyalexander99?ref=tn_tnmn.

1 komentar:

Mohon Maaf Blog dalam proses perbaikan,segera klik ke sini untuk blog selanjutnya Permata Indonesia